Komunitas MMM - Manusia Membantu Manusia

MMM adalah bentuk investasi keuangan yang diadopsi dari Arisan Mavrodi Mondial Moneybox yang pada awalnya dikenalkan di Rusia. Di Indonesia Arisan Rusia ini diadopsi dan dikenalkan dengan nama MMM dengan menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan memperoleh uang dengan tidak berusahan atau pun bekerja. Nasabah atau anggota MMM ini hanya perlu menyiapkan uang mereka sebesar 1 - 10 Juta (sesuai paket yang ada) untuk ditransferkan nantinya.

Pengenalan sistem Arisan MMM yang mudah ini yang membuat banyak masyarakat tertarik untuk bergabung, karena hanya dengan menyiapkan sejumlah uang sesuai paket yang dipilih saat mendaftar di website, mereka mendapatkan keuntungan sampai dengan 30 (tiga puluh) persen setiap bulannya. Beberapa paket yang ditawakan di website MMM, yakni minimal 1 juta dan maksimal 10 juta untuk setiap akun yang didaftarkan/dibuat.
Sedikit membahas sistem yang dijalankan di MMM ini; 
Anggota yang mendaftar akan dijanjikan komisi 30%, dengan melakukan transaksi (transfer sejumlah uang tergantung paket) terlebih dahulu (membantu anggota lain) yang telah ditentukan oleh sistem di website MMM. setelah membantu anggota lain baru anggota tersebut memperoleh hak nya untuk dibantu dengan tambahan komisi 30%.

Piramida MMM
Inilah yang merupakan celah untuk terjadi penipuan di sistem MMM, celah terjadinya penipuan antara lain : 
Website yang mengendalikan peredaran uang ini jelas dikelola oleh perseorangan, memungkinkan pengelola ini menyamar menjadi anggota dengan tujuan mendapatkan jatah transfer dari pendaftar baru.

Seperti kata seorang Analis dari Investa Saran Mandiri Kiswoyo Adi Joe "coba kumpulkan sekitar 50 orang yang mendaftar secara bersamaan, pasti masing-masing diminta mentransfer ke nama rekening yang sama." Sehingga akan menguntungkan beberapa pihak saja, layaknya sebuah piramida. 

MMM tidak memiliki usaha produktif yang memberikan income. Yang menjadi pertanyaan, dari manakan mereka memberikan keuntungan 30 % kepada anggota atau membernya? Ternyata keuntungan 30% itu berasal dari member juga, dengan kata lain harus terus ada penambahan jumlah member secara terus menerus agar sistem ini tetap berjalan. Bagaimana jika perekrutan member berhenti? bisa dipastikan MMM akan berhenti berjalan dan member terakhir lah yang dirugikan. 

Silahkan ditambahkan jika ada informasi lainnya mengenail MMM - Manusia Membantu Manusia ini.